Ayam Lada Hitam

Hellooww foodies!

Sebagai seorang istri kita harus bisa masak dong ya. Ya minimum masak air, biar bisa bikin teh anget hahaha... Sebagai seorang istri yang masih newbie banget, terkadang aku bingung harus ngapain. Apalagi setelah memutuskan untuk resign dari pekerjaanku sebagai AO di BRI. Sekarang sudah jadi ibu rumah tangga beneran! hihihi... Mari menyebutnya ibu rumah tangga professional! :D

Nah bicara tentang masak memasak, kebetulan aku emang suka masak. Hobi. Mungkin. Catet ya, aku itu SUKA masak. HOBI masak. Tapi belum tentu jago masak! hahahaha

Tapi setidaknya memasak membawa kesenangan tersendiri buat aku lho! Percaya nggak? Harus ya... hihihihi... Sukanya dimana sih? Sukanya itu saat kita bereksperimen dengan ini dan itu sehingga terciptalah makanan enaaaak... terus kalau nggak enak? Ya suka juga dong! Kan masih ada suami yang bisa kita paksa makan. hahahaha #ketwajahat

Seru banget deh!

Kita bisa berkreasi apa aja, gimana aja, ala ala chef di TV TV gitu hehehe... Tapiiiii.... Masalah enak apa enggaknya itu belakangan guys. Karena selalu ada pelajaran berharga disetiap perjalanan memasak. Contohnya, yang awal mulanya aku coba tambahin kemiri yang cukup banyak di udang asam manisku, dengan hipotes semakin banyak kemiri akan membuat udang asam manis semakin gurih gurih oke. Ternyata hipotesaku salah!!! Itu membuat udang asam manisku kekentelan dan menurut aku nggak enak. Nah dari sini kita bisa belajar ngasih kemiri sedikit aja untuk kedepannya di resep yang sama. Jadi nggak ada yang sia-sia ya. Kita bisa belajar dari pengalaman sebelumnya. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik :)

Kali ini aku akan berbagi resep tentang Ayam Lada Hitam! Ini kesukaan suami aku lho...

Bahan-bahan :
ayam 1/2 kg
bawang merah 4 buah
bawang putih 3 buah
merica butiran 1 sdm
cabai setan 5 buah (sesuai selera)
kemiri 1 buah besar (aku pakai kecil-kecil beberapa buah)
kecap manis
garam
gula
daun salam 1 lembar
minyak untuk menggoreng
air

Bahan yang di haluskan (maaf cabai setannya lupa ke foto)

Cara memasak
1. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan semua ayam, rebus 3 menit saja, tiriskan
2. Goreng ayam. Ini sebentar saja, hanya agar kulit dan bagian luar si ayam garing kriuk.
3. Haluskan merica, bawang merah dan putih, cabai, kemiri, dan garam
4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun salam
6. Beri air agar tidak gosong dan untuk mematangkan ayamnya
7. Tambahkan kecap, sambil di aduk-aduk, lalu cicipi untuk koreksi rasa
8. Masukkan ayam dan masak hingga ayam matang dan kuah mengental
9. Taraaaaaaa....


Ayam Lada Hitam Ala Chef Ivon :)

Akhirnya ayam lada hitam sudah jadi!
Merebus ayam di awal step itu optional ya guys! Kalau aku suka begitu, supaya ayam lebih steril dan bebas patogen berbahaya. Kalau kamu lebih suka langsung di goreng itu juga nggak masalah. Itu tips dari aku ya :)

Daaaan resep ini terbukti enak! Suami suka banget kalau makan pakai ayam ini. Rasanya pedas manis gitu deh. Karena pakai cabai setan ya :)

Oya kalau mau buat AYAM KECAP aku juga pakai resep ini lho! Cuma tanpa cabai dan mericanya di kurangi sedikit guys! Rasanya sama enaknya. Cuma yang terasa hanya manis gurih ya... Karena nggak ada pedasnya, jadi aman untuk anak-anak yang belum doyan sama pedes.

Selamat mencoba teman-teman :)

0 komentar: